15 Keuntungan Menjadi Desainer Grafis yang Belum Banyak Diketahui


Infosedia.com - Tidak semua orang mempunyai keinginan menjadi desainer grafis ya sobat. Hanya orang – orang tertentu saja yang mempunyai kemampuan seni baik, kebanyakan ingin sekali mempelajarinya lebih dalam lagi. Dan kalau bisa malah kemampuannya itu bisa mendatangkan penghasilan tinggi.



Di era yang sekarang ini serba digital, profesi sebagai desainer grafis memang cukup menjanjikan sobat. Banyak orang di sekeliling anda membutuhkan desain untuk menunjang berbagai aktivitas mereka. Baik itu aktivitas formal atau pun aktivitas non formal sekalipun, keberadaan desain sangat memberi pengaruh besar.

Melihat fakta yang demikan, lantas apa saja ya sobat keuntungan menjadi desainer grafis sekarang ini? Untuk mendapatkan informasi dan ulasan yang lebih lengkap, anda bisa menyimak penjelasan yang akan penulis berikan pada kesempatan kali ini, inilah penjabarannya :


1.      Melatih Kemampuan


Seberapa mahir anda melakukan profesi tertentu bisa dilihat dari latihan rutin sobat. Jika anda sudah disiplin dalam melatih diri terhadap suatu hal, namun masih tidak ada perkembangan, kemungkinan besar memang anda tidak memiliki bakat dalam hal tersebut.



2.      Mempunyai Peluang Besar Berpenghasilan Tinggi


Bagi anda yang tekun dan rajin mencari peluang, maka penghasilan pun akan mengikuti sobat. Sekarang ini untuk mencari pekerjaan lepas (freelancer) sangat terbuka lebar di ruang lingkup dunia maya. Banyak tersedia platform – platform kerja lepas online yang mudah anda temukan di internet. Di platform tersebut anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sobat.


Anda hanya perlu mendaftar dan bisa langsung mengajukan penawaran pada pekerjaan yang tersedia. Selanjutnya anda akan bisa bekerja sama dalam jangka panjang dengan banyak owner jika memang pekerjaan anda bagus. Secara otomatis para owner akan memperhitungkan kemampuan anda tersebut. Di setiap proyeknya nanti, tidak menutup kemungkinan anda di hire untuk mengerjakan proyek jangka panjang (long term).



3.      Anda Bisa Bekerja Secara Mandiri Dimana Saja


Menjadi desainer grafis memang cukup flexibel waktu dan tempat sobat. Jika anda hanya berfokus pada pekerjaan ini, maka anda bisa bebas kapan saja dan dimana saja tanpa terikat oleh organisasi atau pun instansi. Anda bisa mengatur pekerjaan anda sendiri selama deadline yang telah ditentukan sudah terpenuhi.


4.      Cocok Dijadikan Sebagai Alternatif Penghasilan Tambahan


Menjadi freelancer memang sekarang ini semakin diminati. Alasan utamanya adalah tidak terdapat jarak dan waktu dalam hal bekerja. Pekerja bebas menentukan pekerjaannya, waktu pengerjaan dan tempat pengerjaan. Kesemuanya bebas dilakukan yang terpenting pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Wajar saja bagi mereka yang sudah nyaman dan mendapatkan banyak kepercayaan oleh banyak project owner, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menekuni pekerjaan sebagai freelancer seperti halnya desainer grafis.


5.      Anda Bisa Membuka Usaha Sendiri


Sebagai seorang desainer grafis, tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai usaha sendiri di rumah sobat. Yang paling penting hanyalah tempat strategis, teknik pemasaran yang baik, peralatan yang mumpuni dan tentu saja kemampuan dalam berkreasi.


6.      Modalnya Relatif Minim Hanya Kreatifitas dan Software Desain Saja


Zaman sekarang yang faktanya untuk bekerja secara mandiri kebanyakan harus menyediakan modal yang cukup besar. Namun untuk menjadi desainer grafis tidak berlaku ya sobat. Hanya bermodalkan kreatifitas dan software desainnya saja sudah cukup. Nantinya sambil jalan anda bisa melengkapi komponen – komponen yang sebagai pendukung.


7.      Peluang Kerja di Perusahan Bonafit Terbuka Lebar


Jika anda mempunyai kemampuan dalam mendesain yang cukup baik, dijamin banyak perusahaan besar yang akan menawarkan anda untuk bekerja dan bergabung di perusahaan tersebut. Karena saat ini seorang desainer grafis masih sangat terbatas.


8.      Banyak Konsumen Berdatangan Tanpa Menjemput Bola


Keuntungan yang satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Untuk para ahli desain grafis, mendapatkan pekerjaan dan tawaran proyek tidaklah sulit. Hasil pekerjaan yang anda tunjukkan berupa portofolio sudah lebih dari cukup sebagai acuan para owner untuk mengetahui seberapa mahir anda melakukan proses desain.



9.      Penghasilan Bisa Stabil dan Anda Tentukan Sendiri


Untuk penghasilannya tidak hanya besar lo sobat. Ternyata anda juga bisa menentukan seberapa banyak penghasilan yang anda mau. Semakin banyak proyek desain yang kerjakan, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang didapatkan. Begitu pula sebaliknya ya sobat.



10.  Proses Marketing Cukup Mudah


Tidak membutuhkan modal besar bekerja sebagai desainer grafis. Yang paling penting adalah portofolio sobat. Banyak – banyaklah membuat sample desain untuk nantinya bisa dijadikan modal awal berupa lampiran dalam memberikan penawaran kerja.



11.  Menyalurkan Hobi Melalui Kreatifitas


Menyalurkan hobi mendesain sekaligus mendapatkan bonus penghasilan memang suatu hal yang didambakan semua orang ya sobat. Sudah pasti proses bekerja menjadi menyenangkan dan tidak ada beban.



12.  Menambah Relasi Antar Desainer


Biasanya sebagai ahli desain, tidak menutup kemungkinan anda bertemu dengan pemberi proyek adalah seorang ahli desain juga. Namun ia butuh bantuan untuk mengerjakan proyek tersebut karena keterbatasan waktu yang ia miliki. Ini merupakan bonus dan kesempatan yang tidak boleh disia – siakan. Pasalnya nanti anda akan bisa mendapatkan pengalaman baru dari pemberi proyek tersebut.



13.  Melatif Untuk Bersosialisasi dengan Berbagai Kalangan


Sosialisasi sudah menjadi makanan sehari – hari bagi seorang desainer grafis. Pasalnya para project owner tidak hanya berasal dari satu negara saja, melainkan bisa jadi dari seluruh penjuru dunia. Mengingat internet memang tidak terbatas jarak dan waktu. Asalkan anda mempunyai kemampuan dalam berbahasa inggris yang cukup baik, peluang go international pun terbuka lebar.



14.  Mempunyai Banyak Waktu Luang Untuk Berlibur


Sebagai seorang freelancer, anda tidak dituntut harus bekerja selama 5 hari dalam seminggu, yakni hari senin sampai dengan hari jumat. Anda bebas menentukan kapan saja harus bekerja dan kapan saja untuk liburan. Yang terpenting pekerjaan yang anda dapatkan bisa selesai tepat waktu. Wah pekerjaan ini memang patut diperhitugkan dan dipertimbangkan ya sobat.



15.  Tidak Ada Istilahnya Tanggal Tua


Saking banyaknya peluang yang tersedia, anda bisa saja menerima upah setiap hari sobat. Setelah pekerjaan selesai, anda bisa dengan mudah mencairkan dana hasil pekerjaan anda tersebut. Anda tidak perlu menunggu tanggal muda dulu untuk sekedar menerima gaji layaknya pekerja kantoran.

Bagaimana anda masih tidak tertarik dengan profesi desainer grafis? Banyak peluang yang bisa anda dapatkan dan ciptakan sendiri berkat kemampuan yang anda miliki. Anda bisa bebas berkreasi tanpa adanya tekanan hebat layaknya kerja di kantoran.

Mungkin itu saja yang bisa penulisa sampaikan dan jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai keuntungan menjadi desainer grafis. Semoga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi anda semua yang sedang berusaha belajar atau pun yang sudah ahli sekalipun. Terima kasih sudah meluangkan banyak waktu untuk menyimak artikel ini. Salam hangat dari penulis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel