9 Langkah Belajar Desain Grafis Mudah dan Cepat untuk Pemula

infosedia.com - Semua pekerjaan yang belum dilakukan memang awalnya terasa sulit ya sobat.

Sebagai seorang pemula yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai dunia desain grafis, sebaiknya anda teruskan keinginan anda tersebut.



Untuk belajar desain grafis tidak sesulit yang anda bayangkan kok sobat. Anda hanya perlu menyiapkan software desain grafis dan kuota untuk sambungan ke internet.

Itu saja sudah cukup tanpa harus mengikuti kursus yang kebanyakan menawarkan harga cukup mahal.

Disini penulis akan mencoba memberikan pembahasan bagaimana bisa belajar desain grafis yang mudah dan cepat tanpa banyak kesulitan berarti.

Selain itu kami juga mengarahkan anda untuk belajar otodidak bermodalkan tutorial yang banyak tersebar di internet sobat.

Jadi tujuan penulis adalah menciptakan atmosfer yang nyaman bagi desain grafis pemula agar lebih semangat dan yakin untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Hal – Hal yang Wajib Diperhatikan Sebagai Desainer Grafis Pemula


Sebagai seorang pemula anda wajib memperhatikan berbagai komponen agar kemampuan desain grafis anda menjadi meningkat dan proses belajar menjadi lebih mudah.

Penjelasannya bisa anda simak di bawah ini :

1.  Intensitas Belajar Wajib Dijaga
Sebagai pemula agar anda bisa lebih cepat menguasai berbagai materi yang ada pada ilmu desain grafis, sebaiknya anda bisa menjaga intensitas belajar.

Intensitas belajar memang pada dasarnya sangat menentukan lambat atau cepatnya anda bisa terus berkembang.

Namun jika anda tidak mampu menjaga intensitas belajar dengan baik, dijamin untuk menguasai ilmu desain grafis membutuhkan waktu yang lama.

Jadi usahakan tidak hanya semangat di awal saja sobat, lanjutkan dengan terus belajar rutin setiap harinya meskipun itu hanya sebentar saja.

2.  Rajin Mencari Referensi dari Berbagai Sumber

Referensi dalam proses belajar memang sangat dibutuhkan sebagai bahan penunjang meningkatkan kemampuan anda sobat.

Referensi bisa anda dapatkan dari banyak sumber. Tidak hanya dari buku saja, internetpun menjadi sumber informasi paling banyak yang bisa anda manfaatkan.

Kemudahan yang ada sekarang ini untuk menunjang proses belajar, penulis rasa akan sangat membantu sobat semua. Zaman yang serba modern rugi rasanya jika tidak anda manfaatkan dengan baik.

Untuk belajarpun tidak perlu keluar rumah, di rumah pun anda bebas mempelajari apapun yang anda inginkan melalui internet.

3.  Buatlah Rangkuman Dari Semua Informasi yang Anda Dapatkan

Setelah anda menemukan referensi yang sekiranya mempunyai kualitas baik dan anda nyaman menggunakannya untuk belajar.

Penulis menyarankan agar anda bisa merangkum tutorial tersebut untuk lebih memudahkan anda mempelajari lebih lanjut.

Rangkuman bisa anda jadikan sebagai acuan sobat. Karena kebanyakan orang jauh lebih mudah memahami materi dengan mengandalkan rangkuman.

Informasi secara mandiri dibandingkan harus mempelajari materi yang dibuat orang lain.

4.  Perbanyak Latihan Secara Rutin

Tidak hanya memperbanyak referensi saja ya sobat. Selanjutnya anda wajib memperbanyak latihan dengan mencoba langsung materi - materi yang anda dapatkan dari berbagai sumber.

Proses belajar seperti ini sangat menunjang perkembangan skill yang anda miliki. Anda pun akan lebih cepat mahir jika memperbanyak latihan secara rutin.

Dengan latihan rutin anda juga akan membantu meningkatkan pola pikir yang anda gunakan saat ini. Saat dihadapkan dengan masalah, anda menjadi lebih sigap dan santai karena sudah biasa berpikir keras pada saat mengerjakan latihan.

Terlebih lagi belajar otodidak yang kesemuanya dikerjakan sendiri. Bertemu masalah menjadi terbiasa karena sudah sering menemukan masalah dan menari solusinya secara mandiri. Inilah manfaat yang harus anda lakukan dengan melakukan latihan rutin.

5. Mencoba Untuk Berbagi Ilmu Yang Kamu Punya

Anda pasti sudah sering merasakan bahkan mungkin anda teman anda yang pelit dalam berbagi ilmu yang dimiliki. Padahal dengan pelit ilmu, keberkahan akan semakin jauh dari hidup anda.

Selain itu ilmu yang tidak dibagikan, tentu saja akan sulit untuk menjadi berkembang.
Berbeda cerita jika anda sering berbagi ilmu yang anda miliki, meskipun itu hanya sedikit.

Dengan berbagi ilmu, anda akan sering menyampaikan ilmu tersebut secara berulang – ulang, secara tidak sadar proses tersebut akan semakin mematangkan keahlian anda tersebut sobat? Bagaimana masih mau pelit dalam berbagi ilmu?

6.  Meminta Pendapat Orang Lain

Kritik dan juga saran dari orang lain sangat dibutuhkan dalam proses anda belajar sobat. Dari komentar yang anda dapatkan, maka anda bisa memperbaiki diri dan mengetahui kekurangan desain grafis yang anda buat.

Jangan sampai anda menjadi orang yang anti kritik, tindakan tersebut sama aja menghambat perkembangan diri anda sendiri sobat. 

Berawal dari banyak kritikan, banyak orang- orang hebat mencapai puncak kesuksesannya.

7.  Mencoba Mencari Pekerjaan Freelancer

Sebelum anda terjun ke dunia kerja dan menghasilkan pundi - pundi rupiah, anda belum bisa dikatakan berhasil dalam belajar sobat desain sobat.

Sebuah karya desain grafis yang baik, wajib mempunyai nilai jual dan bisa dinikmati oleh orang lain.

Sebagai desainer grafis pemula pun anda harus percaya diri dengan karya yang anda buat. Selain itu anda juga tidak perlu takut untuk menawarkan jasa pembuatan desain kepada pihak pemberi kerja yang banyak ditemukan di internet.

Dengan sering mengerjakan banyak proyek, maka kemampuan dan pengalaman anda menjadi bertambah sobat.

8.  Usahakan Untuk Mengikuti Seminar – Seminar Seputar Desain Grafis

Dengan mengikuti seminar, ilmu anda akan menjadi semakin bertambah dalam proses belajar desain. Saat seminar anda pun bisa bebas bertanya pada narasumber yang sudah ahli dibidangnya.

Itulah kesempatan yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai hal – hal yang kiranya anda belum paham.

9. Budayakan Bertanya

Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat dijalan. Nah dari istilah tersebut sudah menjadi suatu keharusan bagi anda untuk banyak bertanya kepada orang yang lebih ahli dibidangnya agar tidak bingung.

Tidak usah gengsi dalam bertanya, jika anda ingin cepat mahir. Dengan bertanya anda bisa melatih keberanian dalam berkomunikasi. Komunikasi yang baik akan sangat membantu anda saat menghadapi banyak pemberi kerja nantinya.

Bisa diambil kesimpulan pada pembahasan kali ini untuk lebih cepat dan mudah belajar desain grafis bagi pemula, memang wajib memperhatikan beberapa poin yang sudah penulis bagikan bagi anda semua.

Jika anda mengikutinya dengan baik saran dari penulis tersebut, dijamin kemudahan dalam belajar akan anda dapatkan dan kemampuan anda menjadi semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Mungkin itu saja yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai belajar desain grafis mudah dan cepat untuk pemula.

Penulis mempunyai harapan yang besar bisa berbagi manfaat di setiap artikel yang penulis buat. Terima kasih sebelumnya sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Jangan lupa untuk membaca artikel – artikel terbaru selanjutnya ya sobat. Sampai jumpa dan salam dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel