Banyaknya Contoh Desain Grafis yang Belum Anda Ketahui

Indosedia.com - Desain grafis dalam kehidupan sehari – hari mempunyai tempat khusus di hati masyarakat. Pasalnya dengan terdapat desain grafis kehidupan masyarakat banyak dimudahkan dalam segala urusan dan aktivitas. Contohnya dalam rangka melakukan proses marketing. Lantas apa yang dimaksud dengan desain grafis itu?



Desain grafis bisa diartikan sebagai produk yang mampu mendukung kegiatan dan aktivitas manusia sehari – hari, baik itu untuk kebutuhan formal atau pun non formal.

Tanpa keberadaan desain grafis ini semuanya tidak akan berjalan dengan lancar. Pada kesempatan kali ini penulis mencoba untuk memberikan pembahasan mengenai contoh desain grafis agar anda lebih paham.

1. Logo
Logo merupakan produk desain grafis paling populer dan banyak digunakan untuk mendukung segala aktivitas baik di perusahaan swasta atau pun perusahaan milik pemerintah. Semua aktivitas komersil yang dilakukan wajib mencantumkan logo sebagai validasi sebuah perusahaan itu menjalankan usahanya. Tanpa keberadaan logo semua kegiatan dianggap tidak sah dan beresiko terhadap manipulasi yang berujung pada aktivitas koruptif.

2. Brosur
Produk hasil desain grafis yang bernama brosur ini juga mampu membantu proses marketing sobat. Penggunaan brosur sekarang ini bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Ada yang membuatnya dalam bentuk hardfile (brosur cetak) dan ada juga yang membuatnya dalam bentuk softfile (brosur digital).

Kedua jenis brosur tersebut mempunyai manfaat yang saling mendukung. Untuk target sasaran merketing usia yang kurang bersahabat dengan dunia maya, maka akan diberikan brosur dalam bentuk hardfile.

Sedangkan target marketing brosur softfile, diperuntukkan bagi mereka yang mengerti penggunaan produk digital. Jadi untuk brosur digital biasanya di letakkan pada halaman website utama sehingga bisa dengan mudah diunduh oleh para konsumen.

3. Spanduk
Spanduk juga banyak digunakan sebagai langkah yang tepat untuk promosi. Tidak hanya promosi merek dagang suatu usaha saja sobat, ternyata dalam berpolitik tepatnya untuk berkampanye pun memanfaatkan spanduk sebagai media perkenalan.

Dalam membuat spanduk, biasanya orang akan mendesain semenarik mungkin agar target sasaran bisa tertarik untuk minimal membacanya terlebih dahulu. Spanduk faktanya juga mampu menghipnotis orang lain sehingga membeli produk yang ditawarkan.

Ada juga yang menggunakan spanduk untuk pemberitahuan suatu event misalnya jalan sehat yang diadakan oleh pemerintah, sehingga masyarakatnya bisa ikut serta meramaikan event tersebut. Masih banyak lagi manfaat lain dari spanduk sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

4. Google AdSense
Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini, untuk melakukan promosi tidaklah sulit. Tahukah anda apa itu google adsense? Google adsense sebenarnya setiap hari pasti anda lihat saat sedang mengoperasikan produk digital seperti handphone, PC, atau pun laptop.

Cara beriklan modern bisa dilakukan dengan memanfaatkan yang namanya google adsense. Lihatlah pada setiap laman website yang sedang anda kunjungi, kesemua laman tersebut bisa dipastikan adanya iklan tidak akan terlewatkan.

Mereka yang mengelola usaha periklanan digital ini tidak hanya mendapatkan manfaat dari marketingnya, namun mereka juga mendapatkan penghasilan dari sekali klik para pengguna. Inila fakta menarik yang bisa ditunjukkan oleh contoh desain grafis ya sobat.

5. Stiker
Stiker juga banyak digunakan sebagai media promosi. Misalnya saja pada pembelian produk melalui cara onine, tidak sedikit penjual yang menyelipkan stiker saat mengirimkan barang pesanannya ke konsumen sebagai cara mereka untuk lebih mengenalkan usahanya ke masyarakat luas.

Stiker ini juga dirasa lebih efektif digunakan sebagai media marketing karena banyak orang yang akan menempelkannya di tempat tertentu, sehingga secara tidak langsung akan membantu anda memasarkan usaha yang sedang dijalani.

Berbeda dengan brosur yang kebanyakan hanya berujung ke tempat sampah. Karena penulis pun pernah mempunyai pengalaman diberi brosur oleh seorang marketing, setelah menerima dalam hitungan menit penulis langsung membuangnya.

6. Souvenir atau Cinderamata
Souvenir dan cinderamata sekarang ini semakin populer dijadikan sebagai komponen yang wajib anda pada sebuah pesta seperti pesta pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Souvenir yang sebenarnya dibuat dari bahan – bahan yang simpel menjadi sangat menarik berkat adanya desain grafis.

Souvenir juga bisa dijadikan sebagai media marketing, contohnya saja gelas, payung, atau pun barang lainnya. Pemberian souvenir tersebut banyak ditemukan di aktivitas perbankan sobat. Nasabah yang mencapai ketentuan dan syarat, akan diberikan souvenir.

Banyak orang yang tidak tahu bahwasannya souvenir yang diberikan tidak semata – mata dijadikan cinderamata, melainkan tujuan lainnya adalah sebagai media promosi, agar masyarakat bisa lebih dekat dengan suatu perusahaan.

7. Undangan
Undangan pernikahan yang banyak anda temukan saat ini mempunyai tampilan menarik. Tampilan menarik yang diperlihatkan itu tidak lepas dari yang namanya desain grafis. Banyak orang berlomba – lomba untuk mendesain undangannya agar bisa menimbulkan kekaguman orang – orang yang menerima undangan tersebut.

Undangan modern ini memang mempunyai desain yang beragam. Tidak hanya memanfaatkan kertas saja sobat, melainkan bahan – bahan lain yang tidak terpikirkan oleh anda bisa dimanfaatkan sebagai komponen utama pembuatan desain undangan.

Undangan bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Yang menjadi poin penting adalah kreatifitas yang anda tawarkan ke konsumen sobat. Semakin unik dan menarik dengan penawaran harga yang terjangkau, pastinya akan banyak konsumen yang menyukainya.

8. Cover Buku
Dalam proses penyusunan sebuah buku, komponen paling penting untuk menarik minat para pembaca adalah cover yang digunakan. Desain cover sangat menentukan tingkat penjualan dari sebuah buku.

Bisa anda lihat pada setiap novel best seller mempunyai keunikan desain yang tidak dimiliki oleh desain buku lainnya. Berkat adanya desain grafis, cover buku pun juga bisa dimanfaatkan secara digital dalam proses penjualan.

Contohnya saja pada penjualan buku versi e-book. Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat ini ternyata mampu merubah buku manual menjadi buku digital. Dan sekarang ini minat masyarakat terhadap buku versi digital semakin meningkat.

9. Kartu Nama
Kartu nama merupakan komponen yang cukup penting dalam menjalankan suatu bisnis. Untuk menimbulkan kesan profesional dan bonafit bagi para konsumen, seorang pelaku kerja wajib mempunyai kartu nama sobat.

Kartu nama yang menarik bisa dibuat dengan memanfaatkan keberadaan desain grafis. Bisa diambil kesimpulan bahwasannya banyak sekali contoh desain grafis modern saat ini. Anda bisa memanfaatkan keberadaan desain grafis untuk berbagai kepentingan sesuai dengan kebutuhan anda.

Kemajuan teknologi memang menjadi biang kerok berkembangnya desain grafis di berbagai belahan dunia dan kehidupan masyarakat.

Sampai disini dulu ulasan dan informasi yang bisa penulis berikan kepada sobat semua mengenai contoh desain grafis. Penulis mempunyai harapan yang besar terhadap tulisan kali ini agar bisa membawa banyak manfaat bagi anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan juga membaca artikel kali ini. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel