Cara Mudah dan Tepat Membuat Desain Grafis Menarik


Infosedia.com - Artikel kali ini membahas tentang cara membuat desain grafis menarik dan menjual. Banyaknya dukungan aplikasi canggih saat ini, tidak menutup kemungkinan menghasilkan karya desain grafis yang berkualitas. 

Tinggal niat dan tekatnya saja yang harus dijaga dan terus dipupuk. Untuk membuat desain grafis yang menarik sebenarnya tidak sulit kok sobat.

Banyak cara dan teknik yang bisa anda lakukan untuk mewujudkannya secara mandiri.

Membuat Desain Grafis Menarik
photo by pexels

Pada kesempatan kali ini penulis mempunyai maksud untuk memberikan informasi kepada anda semua mengenai cara mudah dan tepat membuat desain menarik.

Desain menarik tidak bisa datang begitu saja sobat. Diperlukan keseriusan dan keahlian khusus dari pembuatnya. Bagi yang memiliki jiwa seni tinggi pun belum tentu bisa membuat desain menggunakan aplikasi tertentu.

Sketsa manual boleh bagus, tapi dalam bentuk digital dibutuhkan keahlian sobat. Solusi yang bisa penulis berikan bagi kondisi semacam ini ialah teruslah berlatih. 

Dengan banyak latihan maka kemampuan akan menjadi semakin bertambah karena mungkin dalam proses belajar dihadapkan dengan tantangan – tantangan baru dan kemudian bisa dipecahkan seiring berjalannya waktu.

Inilah poin penting yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran, yakni pengalaman. Bagi anda yang ingin tahu lebih dalam bagaimana cara membuat desain grafis menarik dengan mudah, maka anda bisa menyimak ulasan di bawah ini, antara lain sebagai berikut :

1.  Tentuk Aplikasi Desain Grafis yang Akan Digunakan

Penentuan aplikasi desain grafis yang akan anda gunakan untuk belajar membuat desain sangat penting lo sobat. Fitur – fitur yang disediakan, tentu saja akan bisa bermanfaat dan membantu anda dalam proses membuat desain.

Aplikasi yang mempunyai fitur – fitur terbatas akan menghambat kemampuan yang anda miliki.

Berbeda dengan aplikasi yang menyediakan fitur up to date dan berteknologi tinggi, pasti akan menyediakan tantangan - tantangan menarik sehingga bisa meningkatkan kemampuan anda dari sebelumnya.
Setuju ya sobat?

Jadi intinya anda tidak boleh menginstal aplikasi desain sembarangan sebelum mengetahui apa saja fitur – fitur yang ditawarkan. 

Cara menemukan aplikasi yang tepat guna bisa anda cari ulasan – ulasan dari pengguna lain. Kemudian informasi mengenai spesifikasi yang dimiliki juga wajib anda pelajari dan perhatikan dengan baik. Silahkan mencoba ya sobat!

2.  Buatlah Sketsa Secara Manual Terlebih Dahulu

Dalam membuat desain grafis menarik, sketsa menjadi amat penting, tentunya tidak bisa sembarangan dan asal – asalan ya sobat. Sketsa sangat menentukan bagaimana hasil akhir dari desain yang akan anda buat.

Proses ini membutuhkan kreatifitas dan kesabaran. Goresan demi goresan akan tercipta dari ide yang berhasil dituangkan ke kanvas. Bisa dibilang orang yang mahir membuat sketsa, pasti mempunyai bakat dan jiwa seni dalam dirinya. Tinggal ia mau atau tidak untuk mengasahnya.

3.  Buatlah Prosedur dan Langkah – Langkah Sederhana
Setelah skeksa selesai anda kerjakan, anda wajib membuat prosedur dan langkah – langkah apa saja
yang nantinya akan dikerjakan. Tidak bisa langsung begitu saja mengaplikasikan seni ke dalam
lembar kerja jika anda masih ragu mau mulai dari mana.

Hal ini biasanya akan membuang – buang waktu saja apabila dikerjakan tanpa adanya prosedur dan langkah yang benar. Banyak proses revisi yang dilakukan karena dasar yang digunakan tidak ada. 

Untuk itu penulis sangat menyarankan bagi anda yang masih belajar mendesain, alangkah baiknya cara pada poin ini diberikan perhatian khusus dan dilakukan.

4.  Tuangkan Ide Sketsa Tersebut Pada Lembar Kerja Aplikasi
Setelah sketsa dan prosedur selesai dibuat, anda bisa langsung memulai mendesain pada lembar kerja sesuai dengan apa yang telah ditentukan.

Dijamin pekerjaan akan menjadi cepat selesai dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi anda saat membuat sketsanya. Satu hal yang perlu anda perhatikan dalam menuangkan ide sketsa ke dalam lembar kerja, yakni ketelitian.

Ketelitian yang anda gunakan tersebut, nantinya mampu membantu anda  menyelesaikan desain lebih cepat lo sobat.

5.  Perbanyaklah Latihan Secara Rutin dan Bertahap Sesuai Kemampuan
Jam terbang yang tinggi akan menambah kemampuan anda dalam hal mendesain. Tidak ada ceritanya orang yang malas berlatih menghasilkan desain yang menarik. Hal ini bisa anda latih secara perlahan sobat.

Misalnya saja minggu pertama anda menghabiskan waktu latihan sekitar 10 jam per minggu, maka untuk minggu berikutnya durasinya ditambah menjadi 12 jam per minggu dan seterusnya sesuai kondisi.

Nantinya setelah anda mulai mahir, durasi belajar bisa ditentukan standar yang cocok buat anda sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya. Itulah cara yang pernah penulis lakukan saat belajar membuat desain grafis menarik. Jadi wajar saja kalau penulis bisa menjelaskan cara ini panjang lebar.

6.  Perbanyak Membaca Referensi – Referensi Baru
Tidak hanya jam terbang saja yang wajib anda perhatikan sobat. Selain itu juga terdapat hal lain yang seperti referensi – referensi tambahan guna mengembangkan kemampuan yang anda miliki. Tidak mungkin kan sobat, jika anda hanya puas dengan kemampuan yang stagnan itu – itu saja.

Referensi – referensi desain bisa anda cari dan dapatkan dari artikel – artikel yang mudah anda temukan di internet. Mulai bacalah artikel teratas yang muncul dalam pencarian. Biasanya artikel yang muncul di bagian atas mempunyai kualitas baik dan disukai oleh banyak pembaca.

Selain itu bisa juga mencari referensi lain dari buku yang ada di perpustakaan sekolah, kampus, umum atau sekedar numpang baca di toko buku. Istilahnya banyak jalan menuju roma, jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar ya sobat.

Setiap kemauan pasti ada jalan keluar yang baik untuk anda sehingga kemampuan anda menjadi semakin bertambah.

7.  Mintalah Pendapat dari Orang Lain
Sebagai seorang desainer, komentar, kritik dan saran sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas membuat desain grafis yang anda buat sobat. Jangan sungkan – sungkan untuk meminta pendapat dari orang lain bagaimanakah desain yang anda buat, kurangnya apa agar bisa tambah menarik.

Nah setelah anda mendapatkan komentar, maka anda bisa tahu kekurangan apa saja yang ada pada desain anda tersebut. Jangan angkuh dan anti kritik, karena semua itu akan membuat kemampuan anda tidak mampu berkembang dengan baik.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk membuat karya desain yang menarik, berkualitas dan bernilai seni tinggi, tentu saja dibutuhkan yang namanya usaha dan kerja keras. Tidak bisa instan begitu saja yang tiba – tiba jadi sebuah desain menarik.

Demikian ulasan seputar cara mudah dan tepat membuat desain grafis menarik yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah anda pelajari kali ini bisa membawa manfaat bagi kemajuan diri anda ya sobat.


Tidak lupa penulis sampaikan maaf jika memang pengetahuan penulis masih terbatas dalam menyusun pembahasan di atas.

Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan karya artikel buatan penulis selanjutnya yang dijamin tidak akan kalah menariknya. Terima kasih sudah berkunjung dan salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel