Desain Grafis Bukan Desain Yang Gratis

Infosedia.com - Tidak sedikit orang memandang sebelah mata pekerjaan sebagai desainer grafis. Wajar saja setiap karya yang dihasilkan seperti logo, brosur, template website dan lainnya seringkali ditawar dengan harga yang murah. 

Fakta ini yang membuat miris ya sobat. Tapi perlu anda ketahui bahwa tidak sedikit orang juga menghargai karya desainer grafis.



Grafik situs online tertentu yang menyediakan lahan kerja bagi freelancer menunjukkan penawaran pekerjaan desain mempunyai dominasi yang cukup baik.

Hal ini merupakan kabar gembira bagi para desainer grafis tentu saja. Pada kesempatan kali ini penulis akan menyampaikan informasi menarik mengenai desain grafis bukan desain gratis.

Kalimat desain grafis bukan desain gratis seringkali dilontarkan dan bahkan digunakan untuk desain kaos. Hal ini digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang belum menghargai profesi para desainer grafis sobat. 

Mana ada orang yang mau bekerja tapi merugi, istilah kasarnya seperti itu. Penghasilan tidak sebanding dengan tingkat kesulitan yang harus dilalui.

Padahal hasil karya yang diciptakan seseorang sudah menjadi keharusan untuk diberikan apresiasi. Dimana – mana hak cipta itu mahal harganya, jadi bagi anda yang belum sadar untuk bisa menghargai karya orang lain, alangkah baiknya untuk introspeksi diri ya sobat.

Bisakah saya mengerjakan apa yang orang lain bisa kerjakan? Kalimat ini sangat cocok untuk bisa meningkatkan kesadaran agar menghargai karya orang lain. Setuju ya sobat?

Inilah Alasan Mengapa Banyak Orang Menganggap Desain Grafis Sebagai Desain Gratis

Namanya juga orang banyak ya sobat, pasti mempunyai pandangan yang berbeda – beda terhadap suatu hal, termasuk desain grafis. Banyak yang menganggap bahwa membuat desain adalah hal yang mudah.

Oleh karena itu seringkali karya desain grafis dianggap tidak mempunyai nilai jual. Inilah alasannya mengapa hal tersebut bisa terjadi, antara lain sebagai berikut :

1.  Pengetahuan yang Kurang Terhadap Desain Grafis

Ketidak tahuan seseorang mengenai suatu hal biasanya menjadi alasan paling besar kenapa orang menganggap remeh pada suatu hal tertentu. Misalnya saja pada hal karya desain grafis.

Penawaran harga yang diberikan tidak sesuai dengan tingkat kesulitan desain yang harus dikerjakan. Jika anda bertemu dengan orang seperti ini, sebaiknya berikan penjelasan secara perlahan.

Apa saja kesulitan yang akan anda hadapi dalam proses pembuatan desain yang diinginkan. Jangan sampai anda emosi ya sobat, karena hal tersebut hanya sia – sia belaka dan tidak bermanfaat.

2. Budget yang dipersiapkan terbatas.

Komponen yang satu ini memang banyak ditemukan dalam berbagai proyek desain. Entah budget benar – benar minim atau sengaja menyiapkan budget yang minim. Anda tidak boleh berpikir negatif ya sobat jika menemui kondisi semacam ini.

Usahakan untuk komunikasi dan diskusi terlebih dahulu bagaimana baiknya agar diantara kedua belah pihak tidak akan dirugikan.

Meskipun desain sangat berpengaruh dan penting bagi perkembangan sebuah usaha, nyatanya masih banyak yang kurang serius memaksimalkannya. Contohnya saja tidak menyediakan dan memberikan budget lebih untuk membuat desain yang dibutuhkan.

3.  Tidak Mau Rugi 

Tidak bisa dipungkiri ya sobat, namanya orang mempunyai sifat dan watak yang berbeda – beda. Ada yang baik, ada pula yang kurang baik. Orang yang hanya menilai suatu hal dengan untung rugi saja,

pasti akan menekan semua pengeluaran yang ada dan berusaha sebisa mungkin untuk ambil untung pada setiap kesempatan. Jika anda sebagai desainer bertemu orang seperti ini sebaiknya bersikaplah sabar sobat.

Beri pengertian terlebih dahulu sebelum melakukan penolakan terhadap penawaran yang diberikan dengan berdiskusi. Namun jika sudah dijelaskan masih saja ngotot untuk menghargai desain anda dengan harga sangat minim, anda berhak menolaknya.

Biarkan ia mencari pekerja lainnya terlebih dahulu, jika semuanya menolak tentu saja akan bisa dijadikan sebagai pembelajaran bahwasannya tenaga orang wajib dihargai.

4.  Menganggap Semua Pekerjaan Mudah Baginya.

Nah ada lagi orang yang mempunyai pandangan bahwasannya semua pekerjaan jika dilakukan dengan sungguh – sungguh tidak ada yang sulit.

Tapi pandangan seperti ini tidak boleh dijadikan sebagai acuan untuk dijadikan alasan agar bisa memberikan penawaran dengan harga yang sangat minim sobat. Budayakan untuk selalu menghargai kerja keras orang lain.

Pertimbangkan pula, seberapa sulit pekerjaan yang anda berikan tersebut dan estimasi waktu pengerjaanya. Selama berpatokan pada kedua poin tersebut, anda akan mendapatkan harga yang tepat untuk ditawarkan kepada desainer grafis.

Jadi jika anda menghargai kerja keras orang lain, maka orang lain pun akan menghargai anda dan sudah pasti akan memberikan kinerja terbaiknya.

Cara Paling Tepat Untuk Memberikan Pengetahuan Pada Kondisi Semacam Ini

Untuk meningkatkan kesadaran terhadap suatu hal termasuk menghargai hasil karya para desainer grafis, alangkah baiknya anda melakukan pendekatan – pendekatan yang sifatnya tidak ada unsur menyinggungnya sobat.

Inilah hal – hal yang wajib anda lakukan jika bertemu dengan project owner yang sadis dalam memberikan budget pada proyek desain mereka, antara lain sebagai berikut :

Berilah Penjelasan Mengenai Alur dan Proses Kerja

Tidak semua desain mempunyai tingkat pengerjaan yang sama. Ada yang masuk kategori mudah, sedang, mudah, sulit dan bahkan sangat sulit. Jika kesemuanya disama ratakan, apa jadinya nasib para desainer.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa memberikan penjelasan kepada project owner seberapa sulit proyek yang akan anda kerjakan tersebut. Dijamin mereka akan lebih mengerti dan menghargai jerih payah anda sobat.

Jangan biasakan menolak pekerjaan yang memberikan penawaran budget minim atau bahkan anda terlalu pilih – pilih. Hanya butuh diskusi dan komunikasi saja, pasti semuanya akan berakhir dengan baik.

Beri Tahu Mengenai Estimasi Waktu Pengerjaan

Estimasi pengerjaan sangat menentukan berapa biaya yang harus disediakan. Tanpa pengetahuan ini pemberi proyek tidak akan bisa memberikan harga terbaik dan bahkan bisa saja asal - asalan.

Sebagai expert desainer grafis, anda bisa memberikan penjelasan mengenai estimasi waktu standar untuk menyelesaikan proyek tertentu agar project owner bisa mempertimbangkannya kembali terhadap budget yang harus diberikan.

Berbeda halnya jika mereka memberikan deadline khusus, pasti dalam penentuan harga sudah dipertimbangkan sebelumnya. Bisa diambil kesimpulan pada pembahasan kali ini bahwasannya menghargai hasil karya dan jerih payah orang lain sangatlah penting ya sobat.

Jangan semena – mena terhadap orang yang sudah membantu semua pekerjaan anda. Itulah pesan yang bisa anda ambil dari artikel ini.

Sampai disini dulu ya sobat semua pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai desain grafis bukan desain gratis. Penulis sangat berharap apa yang sudah dijelaskan di atas bisa membawa manfaat baik bagi anda. 

Semoga wawasan dan pengetahuan anda menjadi semakin bertambah berkat tulisan kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel