Membuat perangkat USB bootable Windows 7 dan Windows 10 dengan mudah menggunakan Rufus

infosedia.com - Sobat info pernah kesulitan dalam menginstal windows. Contohnya saat kita ingin menginstal menggunakan DVD Installer ternyata DVD nya rusak, karna terlalu banyak goresan di DVD tersebut.

Atau saat ingin menginstal menggunakan flashdisk tapi enggak tau caranya. Oke kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat bootable windows menggunakan flashdisk dengan bantuan aplikasi Rufus.

Yang pertama kali di lakukan yaitu unduh aplikasi Rufus di situs resminya. Aplikasinya termasuk kecil di website resminya tertulis 1MB. jadi termasuk kecil ya. Setelah kalian download, silahkan di install maka tampilannya akan seperti ini.


Jika sudah muncul seperti ini tancapkan flashdisk, nantinya rufus akan mendeteksi adanya flasdisk dan menampilkannya pada bagian perangkat.


Dibagian pilihan boot sebelah kanan silahkan di klik dan cari letak file instaler windows yang berupa ISO. dalam gambar ini, saya membuat bootable windows 7 pro 32bit. Di bawahnya dibagian skema partisi pilih MBR, sistem target biasanya akan menyesuaikan. Pada bagian Label volume biarkan saja, dan di bagian sistem berkas serta ukuran biarkan saja.

Jika semua sudah siap silahkan klik pada button MULAI.


Akan ada peringatan yang muncul, yang intinya semua data pada perangkat USB akan di hapus atau di format. Jadi jika di flasdisk kalian terdapat file file yang sekiranya penting, silahkan di backup terlebih dahulu. Jika dirasa yakin flashdisk sudah kosong silahkan klik OK dan proses pembuatan bootable akan berjalan seperti gambar di bawah ini.


Dan apabila telah selesai silahkan klik button TUTUP, seperti gambar di bawah ini.
Sampai disini sobat sudah berhasil membuat USB Bootable Windows 7 Pro 32bit. Dan tinggal memulai proses instal ulang di komputer atau di laptop sobat info.

Sekian dulu artikel tentang Membuat perangkat USB bootable Windows 7 dan Windows 10 dengan mudah menggunakan Rufus. Jika sobat kesulitan dalam membuat bootable, silahkan kirimkan kontak ke admin infosedia, insyaallah saya akan membantu. 

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk sobat info semua . Salam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel