10 Tool Penting Pada Adobe Photoshop yang Perlu Diketahui

Seperti yang sudah anda ketahui sobat semua, untuk bisa mahir dan jago mengoperasikan softaware desain grafis Adobe Photoshop, anda wajib memahami berbagai tool yang ada di dalamnya. Setiap tool yang anda pahami tersebut nantinya akan sangat berpengaruh saat anda sedang melakukan proses desain.



Nah kali ini penulis akan mencoba memberikan informasi kepada anda semua mengenai 10 tool penting yang ada pada Adobe Photoshop. Jika anda ingin lebih dalam mengetahuinya, maka bisa anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya sobat.

Undo Shortcut Pada Adobe Photoshop

Namanya manusia ya sobat, tidak ada pekerjaan satu pun yang lepas dari keselahan. Termasuk saat sedang mengerjakan desain dengan menggunakan Adobe Photoshop. Jika anda mengalami masalah karena terjadi kesalahan saat proses desain, maka anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada Adobe Photoshop terdapat tool yang berguna untuk kembali ke proses sebelumnya.


Tool ini bernama undo shortcut yang fungsinya sama seperti yang ada pada Microsoft Office sobat. Jadi anda bisa menggunakannya untuk mengatasi segala kesalahan yang anda lakukan baik secara sengaja atau pun tidak sengaja. Karena saat proses desain terkadang ingin coba – coba terlebih dahulu untuk memastikan bahwasannya hasil yang ditampilkan bagus atau tidak.


Terkadang banyak orang yang kebingungan saat sedang menggunakan tool undo, karena hanya terlihat bolak – balik pada 2 perintah saja jika menggunakan fungsi tombol keyboard CTRL+Z (Undo / Redo). Gunakanlah fungsi tombol keyboad ini saja sobat CTRL+ALT+Z (Step Backward) atau CTRL+SHIFT+Z (Step Forward).

Tool Untuk Melakukan Sampling Warna

Dengan menggunakan software Adobe Photoshop, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi sobat. Untuk proses pewarnaan, aplikasi ini menyediakan beragam warna yang bisa anda kustomisasi secara mandiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Namanya seorang desainer grafis ya sobat, inspirasi bisa datang dari mana saja, saat sedang jalan – jalan atau bahkan sekedar browsing. Kombinasi warna unik pada sesuatu yang anda lihat bisa saja dijadikan sebagai salah satu inspirasi. Untuk lebih mengingat, maka anda bisa memfoto atau screenshoot.

Dengan begitu inspirasi terhadap kombinasi warna tersebut bisa anda aplikasikan dengan sangat mudah. Nah keinginan untuk mengaplikasikan sampling warna seperti ini bisa dilakukan dengan mudah berkat tool yang ada di Adobe Photoshop yang bernama eyedropper. Untuk mengaktifkan fungsi tersebut, anda bisa menekan tombol pada keyboard CTRL+I.

Tool Guide / Garis Untuk Memberikan Kemudahan Seperti Seorang Guide.

Tool yang berada pada Adobe Photoshop ternyata ada yang berfungsi sebagai pemandu. Untuk memudahkan dalam proses desain khususnya meletakkan pixel agar bisa tepat, maka garis pemandu akan sangat berguna untuk membantu segala proses desain tersebut tentu saja.

Untuk memunculkan fungsi tool guide anda bisa mencari menu view yang berada di bagian atas kemudian pilih new guide. Jangan lupa masukkan fungsi vertikal atau pun horisontal. Namun jika anda ingin lebih mudah juga bisa dengan memanfaatkan tombol yang ada pada keyboard yakni tekan CTRL+R.

Tips untuk anda untuk memaksimalkan penggunaan tool ini adalah pada saat anda melakukan drag guide line ke bagian dokumen, anda bisa tekan tombol ALT pada keyboard untuk melakukan perubahan posisi yang semula horisontal menjadi vertikal atau pun bisa juga sebaliknya sobat, tergantung kondisi.

Tool untuk Menggandakan dan Memindahkan Layer.

Sebagai seorang desainer, proses desain memang dirasa cukup menyenangkan ya sobat. Jika anda sudah asik melakukan pemolesan pada sebuah desain, seringkali anda tidak ingat banyaknya efek yang sudah diterapkan pada desain tersebut. Hal demikian terkadang bisa menyulitkan saat anda harus mengulang pemolesan dengan efek tertentu saja pada layer lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ternyata Adobe Photoshop sudah menyediakan tool khusus guna menggandakan efek – efek yang anda terapkan. Caranya adalah dengan mengklik ‘fx’ kemudian tekan tombol ALT pada keyboard. Dan untuk melakukan pemindahan anda hanya perlu mengklik ‘fx’ saja ya sobat.

Tool Untuk Center Dokumen ke Bagian Halaman.

Anda pasti pernah merasakan proses desain yang semrawut akibat image yang muncul pada layer – layer yang anda gunakan tidak sama, ada yang di sebelah kiri dan ada yang di sebelah kanan. Untuk mengatasi masalah kesemrawutan tersebut anda bisa menyesuaikan peletakan image tersebut ke bagian center dengan memanfaatkan fungsi center. Anda bisa menekan tombol CTRL+A dan klik pada posisi align center.

Tool untuk View Selection.

Penggunaan banyak layer saat proses pendesainan berlangsung memang tidak bisa dipungkiri ya sobat. Terlebih lagi jika tingkat kesulitan dan detailnya tinggi, penggunaan layer banyak sudah menjadi hal yang wajar.

Untuk menciptakan rasa nyaman dan agar tidak bingun saat sedang mendesain, maka sebaiknya layer – layer yang tidak digunakan disembunyikan terlebih dahulu. Jika layer yang harus disembunyikan cukup banyak, minimize satu persatu layer dianggap memakan waktu lama ya sobat.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa memanfaatkan fungsi tool view selection. Anda bisa mengklik ikon mata pada layer yang standbye saja disertai dengan tekan tombol ALT pada keyboard. Maka layer – layer yang tidak digunakan akan tersembunyi dengan sendirinya.

Tool untuk Customisasi Font.

Menggunakan font yang unik dan tidak pasaran bisa menciptakan daya tarik tersendiri pada sebuah desain yang dibuat ya sobat. Untuk melakukan proses custom font, maka anda bisa memulainya dengan mengaktifkan teks terlebih dahulu.

Anda bisa meletakkan ikon kursor pada bagian sebelum huruf yang ingin anda geserkan sobat. Kemudian bisa menekan tombol ALT pada keyboard dan langsung menggesernya panah ke bagian kanan atau pun ke bagian kiri.

Tool untuk Melakukan Seleksi Layer dengan Proses Cepat.

Penggunaan layer dalam jumlah banyak dan berbeda – beda ukurannya, terkadang membuat anda menjadi kesulitan saat ingin menyeleksi semua layer. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam waktu singkat adalah dengan memanfaatkan move tool atau bisa dengan menekal tombol CTRL+V pada keyboard.

Tool Smart Object.

Pekerjaan desain yang membutuhkan banyak duplikasi, proses memperbesar dan memperkecil image sangat diperlukan yang namanya smart object. Untuk mengaktifkan tool tersebut maka anda bisa memilih salah satu layer, klik kanan layer tersebut dan pilih convert to smart object. Mudah bukan?

Tool untuk Rotasi Gambar.

Pengalaman mengedit gambar dalam kondisi tidak lurus atau distorsi daripada gambar aslinya, maka anda bisa menggunakan tool khusus untuk memperbaikinya. Misalnya saja pada gambar yang tampak tidak lurus dengan cakrawala atau pun dengan bumi.

Ruler tool sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Klik ruler tool kemudian anda bisa membuat garis sejajar yang sesuai dengan kemiringan pada gambar yang nantinya ingin anda rubah. Biasanya garis yang sering ditemukan miring adalah garis tanah, garis bangunanm garis laut. Setelah anda membuat garis, maka proses rotasi bisa mulai dilakukan dengan klik image, rotate canvas dan kemudian arbitrary. Untuk mendapatkan image yang lebih sempurna, maka anda bisa mengkropnya sampai benar – benar tepat pada porsinya.

Demikian yang bisa penulis utarakan dan jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai 10 tool penting pada Adobe Photoshop yang perlu diketahui. Semoga sedikit informasi yang bisa penulis bagikan di atas tersebut bisa membawa manfaat besar bagi anda semua ya sobat. Terima kasih atas partisipasinya sudah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa di kesempatan – kesempatan baik lainnya. Salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel