Belajar Teknik Dasar Editing Foto Menggunakan Photoshop

Infosedia.com - Bagi seorang pemula, belajar teknik dasar editing foto dan desain memang tidak bisa dilakukan secata instan ya sobat. Butuh waktu dan proses lama untuk bisa mahir mengoperasikannya. Untuk itu solusi paling tepat yang bisa dilakukan adalah perbanyak membaca tutorial dan referensi dari berbagai sumber serta sering – seringlah latihan dengan intensitas stabil. Jangan sampai hanya bersemangat di awalnya saja, selanjutnya bermalas – malasan. Itu yang sering ditemukan di masyarakat kita pada umumnya.

belajar teknik dasar editing


Teknik Dasar Editing Foto yang Paling Banyak dan Sering Digunakan Saat Belajar Photoshop.

Untuk bisa mahir mengoperasikan sebuah software desain termasuk Adobe Photoshop, maka diperlukan teknik khusus untuk mempersingkat waktu belajar. Di mulai dari proses dasar terlebih dahulu dan berlanjut ke jenjang – jenjang lebih tinggi secara bertahap. Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini dengan seksama untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.


1.Memanfaatkan Fungsi Curve dalam Adobe Photoshop.

Banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya fungsi option curve. Dalam teknik dasar editing perbaikan kontras dari sebuah gambar memang perlu untuk dilakukan, agar daya tarik gambar tersebut bisa tampak lebih maksimal. Nah option curve inilah yang akan membantu melakukan pekerjaan tersebut. 


Usahakan sebelum anda melakukan proses editing gambar lebih lanjut, perbaikilah kontrasnya terlebih dahulu ya sobat. Option curve ini mempunyai kemampuan yang sama dengan histogram. Untuk menggunakan fungsi curve anda bisa mengikuti langkah berikut ini, antara lain :

Temukan dan pilih menu layer.

Pilih new adjustment layer.

Pilih curve.

2. Memanfaatkan Fungsi Liquify dalam Adobe Photoshop.

Pengeditan bagian wajah memang hal yang paling diminati ya sobat. Anda bisa menggunakan fungsi liquify untuk mengedit wajah agar tampak lebih kurus atau pun menjadi tampak lebih gemuk.

Untuk bisa menggunakan fungsi dari fitur liquify, cari dan klik menu filter, kemudian pilih liquify. Tidak hanya wajah saja yang bisa anda edit sobat, bagian lain pun bisa seperti rambut dirubah menjadi lebih tebal atau pun bagian yang masuk ke dalam kategori wajah semuanya bisa dirubah dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh liquify.

Tidak heran jika mereka yang menggeluti dunia desainer bahkan seorang desainer handal sekalipun menggunakan fitur liquify dalam rangka membantu mereka melakukan perubahan pada bagian wajah karena sistem kerjanya yang cukup cepat dan singkat.


3. Memanfaatkan Fungsi Fitur Layer Mask dalam Adobe Photoshop.

Bagi anda yang belum memahami fungsi fitur layer di Adobe Photoshop pasti akan mengalami kebingungan. Layer yang kadang kala tidak sengaja dijadikan duplikat adalah kesalahan paling umum terjadi sehingga menyebabkan kebingungan.

Terlebih lagi jika layernya sudah banyak, kebingungan akan semakin bertambah. Untuk mengindari hal semacam itu terjadi pada anda, sebaiknya anda mengetahui dasar – dasar penggunaan layer terlebih dahulu.


Anda bisa mempelajari layer mask untuk lebih mendalami bagaimana memanipulasi gambar dan foto yang baik. Anda bisa memulainya dengan menggunakan fungsi blend agar foto pertama yang anda ingin tampilkan tersembunyi.

Bisa dimaksimalkan dengan memanfaat berbagai warna sesuai yang anda inginkan dalam kondisi semacam ini. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti langkah – langkah yang penulis jelaskan di bawah ini, antara lain :

Tambahkan layer mask baru pada lembar kerja yang sudah anda buka.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa layer mask yang anda tambahkan tersebut dalam kondisi aktif atau sedang digunakan.

Lengkapi dengan mengaktifkan fungsi brush tool.

Terakhir anda bisa menggantikan warna pada foregroundnya menjadi hitam untuk mempermudah proses pengeditan.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk bisa memahami suatu hal termasuk dalam proses belajar Adobe Photoshop, maka anda wajib mahir terlebih dahulu terhadap teknik – tekni yang akan digunakan. Dengan begitu anda akan lebih cepat mahir menguasai Adobe Photoshop tersebut.


4. Pahami Penggunaan Dasar Level Warna dengan Kombinasi Pixel.

Sebagai seorang desainer grafis, memahami pixel wajib dilakukan sobat. Nantinya akan sangat bermanfaat dalam menentukan kualitas foto atau gambar yang anda edit. Di dalam software Adobe Photoshop kombinasi warna yang populer digunakan adalah Blue, Green dan Red. Rentang yang digunakan kisaran antara angka 0 sampai dengan angka 255. Contohnya saja pada kasus berikut ini : 

Mengisikan Angka 0 Pada Semua Kolom

Jika anda mengisikan angka 0 pada bagian kotak red, green dan blue (RGB), maka warna yang muncul adalah hitam. Hal ini dikarenakan tidak ada satupun warna yang mengisinya. Jadi warna dasarnya disini adalah hitam. 

Mengisikan Angka 255 Pada Semua Kolom

Jika anda mengisikan angka pada semua bagian kolom RGB, maka warna yang akan muncul adalah dominan putih. Hal ini dikarenakan terdapat ketiga kombinasi warna tersebut pada rentang angka maksimal.

Mengisikan Angka 255 Pada Kolom Red

Jika anda mengisikan angka 255 pada bagian kolom red saja, maka warna yang akan muncul adalah dominan merah. Hal ini dikarenakan kolom lainnya tidak ikut ambil bagian dan tidak memberikan kombinasi pada rentang angka 0. Jadi tidak ada warna sama sekali dari kolom green dan kolom blue.

Mengisikan Angka 255 Pada Kolom Green

Jika anda mengisikan angka 255 pada bagian kolom green saja, maka warna yang akan muncul adalah dominan hijau. Hal ini dikarenakan kolom lainnya tidak ikut ambil bagian dan tidak memberikan kombinasi pada rentang angka 0. Jadi tidak ada warna sama sekali dari kolom red dan kolom blue.

Mengisikan Angka 255 Pada Kolom Blue

Jika anda mengisikan angka 255 pada bagian kolom blue saja, maka warna yang akan muncul adalah dominan biru. Hal ini dikarenakan kolom lainnya tidak ikut ambil bagian dan tidak memberikan kombinasi pada rentang angka 0. Jadi tidak ada warna sama sekali dari kolom red dan kolom green.


Selanjutnya jika anda sudah paham dengan kombinasi warna di atas, maka anda bisa mencobanya langsung ya sobat. Pilihlah sembarang foto yang akan anda edit, cobalah satu persatu pengaplikasian level warnanya seperti yang sudah penulis jabarkan di atas.

Dengan begitu anda akan menjadi lebih tahu bagaimana perbedaan yang muncul. Tidak hanya teorinya saja yang pandai, tapi prakteknya bisa dibuktikan sendiri. Nah nantinya anda bisa menerapkan ilmu ini sebagai salah satu bekal menjadi seorang desainer grafis.


Demikian yang bisa penulis ulas dan sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai belajar teknik dasar editing foto menggunakan Adobe Photoshop. Semoga sedikit informasi di atas tersebut bisa membawa banyak manfaat bagi anda yang sedang berkeinginan keras untuk mempelajari lebih dalam lagi. Mohon maaf jika pengetahuan penulis sangat terbatas.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel