Cara Memperhalus Wajah Atau Skin Retouch Menggunakan Adobe Photoshop

Infosedia..com - Di jaman sekarang ini untuk melakukan proses editing sebenarnya tidak sulit, sudah banyak software penunjang seperti halnya Adobe Photoshop untuk membantu semua pekerjaan anda sobat. Sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk berkata tidak bisa jika komponen pendukung sudah sangat lengkap, tinggal bagaimana anda mengatur diri agar mau belajar.



Teknologi yang kini kian maju, membuat dunia fotografi menjadi ikut terkena pengaruhnya. Banyak orang yang senang berfoto seperti halnya selfie dan kemudian di unggah ke berbagai media sosial miliknya. Untuk mendapatkan tampilan foto yang sempurna dan baik, tentu saja tidak sedikit orang yang mengandalkan fungsi software editor. Contohnya saja dalam proses memperhalus wajah sobat. Jika anda ingin melakukan edit wajah dengan memperhalusnya, yuk simak penjelasan di bawah ini sobat!

Membuat Dimensi dan Tampilan Pada Bagian Tertentu Pada Foto Menjadi Lebih Kecil.

Ukuran dari wajah sebelum proses pengeditan memang perlu diperhatikan sobat. Jika anda ingin hasilnya lebih sempurna dalam memperhalus wajah, maka anda bisa memperkecil dimensi tertentu pada bagian wajah anda sobat.

Untuk mulai melakukannya anda bisa menggunakan fungsi dari keyboard yakni CTRL + T. Fungsi CTRL + T ini bisa digunakan untuk mengaktifkan mode transfor sobat. Cara ini dianggap paling cepat dan mudah dibandingkan harus mencari menunya secara langsung. Terkadang namanya orang memang seringkali lupa dan lebih mudah mengingat kode – kodenya seperti halnya CTRL + T.


Setelah anda memahami fungsi dari mode transform itu sendiri, selanjutnya anda bebas melakukan pengeditan baik itu memperbesar atau pun memperkecil dimensi dari foto yang akan anda ubah tersebut. Jangan lupa sobat untuk menghindari fungsi liquify, karena penggunaannya bisa berpengaruh pada komposisi foto nantinya.


Gunakan saja fungsi selection untuk mempermudah proses pengeditan tanpa harus mengubah komposisinya. Fungsi selection memungkinkan untuk membantu anda memudahkan proses pengeditan di bagian tertentu saja. Misalnya saja penggunaan foto yang di dalamnya terdapat lebih dari 1 orang.


Proses Modifikasi Foto dengan Mengaplikasikan Mask Pada Layer.

Proses selanjutnya ini bisa digunakan untuk menyamarkan bagian wajah yang dirasa tidak sesuai dan terlihat sangat menonjol, contohnya saja bagian gigi anda menguning sehingga membuat foto menjadi tidak enak untuk dipandang dan lain sebagainya. Nah untuk membantu masalah seperti ini, bisa memanfaatkan fungsi layer mask sobat.


Untuk memaksimalkannya anda juga bisa menggunakan fungsi burn tool. Karena proses ini memang memerlukan beberapa proses yang tidak bisa langsung mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Anda harus mengikuti langkah demi langkahnya dengan bantuan fungsi layer mask dan burn tool. Anda juga bisa menambahkan fungsi level adjustment.


Memanfaatkan Tool Healing Brush untuk Membantu Menghilangkan Kedutan di Wajah.

Bagian wajah yang berjerawat parah pasti akan membuat anda tidak nyaman, terlebih lagi pada tampilan di foto ya sobat. Anda pasti enggan untuk mempostingnya ke media sosial. Kini solusi untuk menghadapi masalah ini bisa anda lakukan dengan mudah dengan memanfaatkan tool healing brush.


Sebelum membahas lebih dalam tentang fungsi dari healing brush, ada baiknya anda mengenal layer dan blend. Kedua fungsi tersebut juga bisa membantu masalah semacam ini, namun hasilnya masih kurang maksimal. Jadi penggunaan tool healing brush kini dirasa sangat diperlukan.


Untuk mulai menggunakan tool healing brush, anda wajib menentukan bagian tertentu sebagai bahan sampel. Sampel yang anda ambil bisa pada bagian berjerawat tersebut sobat. Setelah prosesnya selesai dilakukan, biasanya akan tampak tidak natural dan terlihat jika foto tersebut adalah hasil editan.


Nah untuk menyamarkan, sebaiknya anda juga mengatur opacitynya, naik turunkan saja sampai bisa menghasilkan gambar natural sobat. Proses ini diperlukan feeling dan perkiraan saja, tidak ada hal yang pasti karena memang dilakukan sesuai dengan kondisi. Prosesnya adalah cari menu file kemudian pilih fade spot healing.


Penggunaan Metode Blur untuk Membuat Wajah Menjadi Lebih Halus.

Fungsi blur memang masih menjadi primadona untuk digunakan sebagai alat bantu dalam memperhalus bagian tertentu dari foto. Namun jika pengaplikasiannya kurang tepat, biasanya foto akan terkesan aneh dan tidak natural. Penampakan foto editan akan langsung diketahui meskipun hanya melihat foto tersebut sekilas saja. Ini tentu saja akan membuat anda menjadi tidak nyaman.


Perlu anda ketahui sobat penggunaan filter blur untuk memperhalus wajah merupakan salah satu cara paling cepat dan cepat. Meskipun banyak cara lain yang bisa digunakan, namun cara lain tersebut dianggap lebih rumit dan bertele – tele. Jadi anda bisa memanfaatkan fungsi blur saja. Jika anda menggunakan dengan baik, pasti akan menghasilkan foto natural.


Untuk memulai prosesnya anda bisa menggandakan layer atau istilah desainnya menduplikat.  Selanjutnya carilah menu file sobat disana terdapat fungsi blur. Jika sudah menemukannya anda bisa memilih gaussian blur. Sesuaikan saja ya sobat blur yang anda terapkan, gunakan sesuai dengan porsinya dan jangan berlebihan agar hasilnya tidak to much.


Terapkanlah fungsi layer mask pada layer yang sudah anda duplikasi sebelumnya. Layer mask ini nantinya akan membatasi bagian tertentu agar tidak terkena blur saat proses pengeditan berlangsung. Silahkan anda mulai draw dengan warna putih pada bagian wajah tertentu yang mungkin saja tidak ingin terkena blur. Jangan lupa terapkan adjustment curve.


Pengaturan Kontras Pada Foto Agar Sesuai.

Pengaturan kontras saat melakukan pengeditan foto memang tidak boleh ketinggalan. Namun sayangnya banyak orang yang kurang mengerti dalam mengaplikasikannya sehingga tidak sedikit foto yang terlihat terlalu terang dan tidak natural.


Penyesuaian kontras pada foto bisa dilihat pada sumber dimana cahaya muncul paling dominan sobat. Nah itu bisa anda jadikan sebagai acuan saja. Anda bisa memulai penyesuaian kontras pada bagian paling gelap terlebih dahulu. Manfaatkan fungsi curve dengan cara drag atau bisa juga slider ya sobat. Geserlah tingkat kecerahannya untuk mendapatkan warna yang tepat. Kemudian geser juga fungsi light, saturation dan huenya.


Bisa diambil kesimpulan pada pembahasan di atas bahwasannya untuk mendapatkan hasil editan yang baik pada gambar dan foto memang diperlukan waktu lama serta kesabaran. Ketelitian dan ketekunan adalah kunci untuk mendapatkan karya edit yang baik. Jadi nikmati dan pahami baik – baik setiap proses yang dilakukan. Dengan begitu ilmu desain grafis anda akan mulai bertambah  sedikit demi sedikit sobat.


Sampai disini dulu pembahasan kali ini yang bisa penulis berikan kepada anda semua mengenai cara memperhalus wajah atau skin retouch menggunakan adobe photoshop. Semoga apa yang penulis jelaskan kepada anda di atas bisa membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan sedikit waktunya untuk sekedar membaca artikel kali ini. Sampai jumpa dan salam dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel