Mengganti Background Paling Mudah dengan Memanfaatkan Adobe Photoshop

Kebutuhan editing foto kian digemari karena salah satunya bisa menciptakan peluang penghasilan yang cukup menjanjikan. Hal ini membuat tidak sedikit orang mulai menekuninya. Selain itu juga tidak diperlukan modal besar untuk memulainya. Yang terpenting anda mempunyai komputer atau laptop dan software editor.



Salah satu fungsi edit yang banyak digunakan saat ini adalah edit background foto. Awalnya fungsi edit ini bisa populer dikarenakan kebutuhan akan background foto dengan warna tertentu banyak dibutuhkan untuk melengkapi proses administrasi seperti halnya melamar kerja, untuk syarat menikah atau keperluan lainnya.

Bagi mereka yang sudah terlanjur foto studio dengan warna background merah atau pun warna background biru, namun membutuhkan warna sebaliknya, solusi untuk menghemat biaya adalah dengan mengganti warna backgrounnya saja.

Karena berfoto ulang dengan background yang diinginkan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Nah untuk itu ada baiknya anda paham bagaimana mengganti background foto sobat, yuk simak cara lengkapnya di bawah ini :

Siapkan Software Adobe Photoshop.

Jika anda belum memiliki software ini di laptop anda, maka anda bisa menginstallnya terlebih dahu ya sobat. Untuk mendapatkan software ini anda tidak usah bingung karena di internet pun sudah banyak tersedia.

Software yang anda install juga tidak harus versi terbarunya sobat, versi lama pun bisa untuk digunakan dalam proses belajar. Setelah semuanya siap, anda sudah bisa memulai proses pengeditannya. Silahkan anda buka software Adobe Photoshop yang anda install tadi.

Tentukan Gambar yang Akan di Edit.

Sebelum memulai proses pengeditan background, anda wajib menyediakan 2 gambar yang nantinya akan digunakan sebagai bahan utama. Gambar pertama adalah foto yang nantinya akan di edit backgroundnya. Gambar keduanya adalah foto yang nantinya akan diterapkan sebagai background.

Usahakan dalam pemilihan foto carilah yang mempunyai kualitas fokus dan ketajaman yang baik dan seimbang antara foto satu dengan lainnya. Kemudian anda juga harus mempertimbangkan kematchingan background dengan foto, misalnya saja kostum atau pun peralatan lain yang dikenakan oleh orang di foto. Jangan lupa juga sesuaikan level pencahayaan antara keduanya agar terlihat lebih natural.

Load Gambar Pada Lembar Kerja Adobe Photoshop.

Setelah penentuan 2 foto sudah selesai, sekarang saatnya anda melakukan load kedua foto tersebut pada lembar kerja Adobe Photoshop. Jika anda belum tahu bagaimana cara load gambar atau foto, inilah cara nya sobat.

Carilah menu file yang ada di deretan atas. Kemudian pilih open dan cari dimana anda menyimpan foto atau gambar yang akan digunakan. Jadi pastikan anda meletakkan gambar atau foto pada folder yang mudah ditemukan. Saran dari penulis buatlah 1 folder khusus untuk editing.

Selanjutnya 2 layer akan muncul secara bersamaan sesuai dengan gambar atau  foto yang anda load tadi. Pastikan bahwasannya layer yang aktif adalah layer foto yang backgroundnya akan anda buang sobat. Aturlah layer yang aktif pada urutan paling atas untuk mempermudah proses kerja. Caranya sangat mudah kok sobat, anda hanya perlu klik kiri, tahan dan geser ke atas.

Proses Menghapus Background Gambar atau Foto yang Akan Diedit.

Nah sekarang anda sudah bisa memasuki proses penghapusan background gambar atau foto yang akan diedit. Untuk membantu menghapus ada berbagai alternatif pilihan alat yang bisa digunakan sobat. Alat tersebut antara lain penghapus, pen dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda. Penulis menyarankan kepada anda untuk menggunakan quick selection tool saja agar lebih memudahkan.

Proses lengkapnya di bawah ini :

Pilih layer yang akan dihapus backgroundnya.

Pilih quick selection tool yang ada di deretan sebelah kiri tampilan layar laptop.

Pilih area background yang akan anda hapus.

Pilih menu select yang ada di deretan atas tampilan layar laptop.

Pilih Invers.

Klik refine edge.



Refine edge mempunyai manfaat dalam membantu memperhalus hasil selection. Karena pada bagian – bagian detail yang sulit seperti rambut, jika tidak dirapikan akan membuat tampilan selectionnya terlihat. Jadi fungsi refine edge memang sangat dibutuhkan. Pada refine edge terdapat beberapa fitur yang bisa anda atur, antara lain edge detection yang berisi smart radius, adjust edge berisi smooth, feather, contrast, shift edge dan juga output.

Setelah anda mengenal semua fitur yang ada pada refine edge, aturnya kesemuanya untuk mendapatkan tingkatan yang cocok sobat. Anda perlu menyesuaikan smart radius, smooth, feather, contrast dan shift edge sesuai dengan kebutuhan. Kesemuanya membutuhkan perkiraan saja sobat dan menyesuaikan kondisi foto itu sendiri, tidak ada standarisasi khusus dalam proses settingnya. Jadi proses settingnya bisa bebas sesuai dengan keinginan anda.

Proses Mengganti Background Gambar atau Foto.

Selanjutnya jika proses selection dianggap sudah cukup, anda bisa memanfaatkan fitur output yang ada pada refine edge. Disana anda bisa memilih layer mana yang akan anda letakkan foto yang backgroundnya sudah dihapus tadi sobat. Pilihlah layer kedua yang backgroundnya sudah anda siapkan tadi.

Kemudian anda pilih button oke, maka foto anda sudah tampil pada layer kedua. Untuk lebih menyeimbangkannya anda bisa menggeser potongan foto pada bagian yang paling tepat sehingga antara background dan potongan foto akan tampak lebih nyata. Bagaimana, mudah kan sobat?

Proses editing foto secara mandiri seperti ini tidak membutuhkan banyak biaya seperti halnya jika anda menggunakan jasa studio foto sobat. Kemudian jika sobat juga ingin menghemat biaya foto seperti halnya foto formal, sebenarnya tidak perlu menggunakan jasa foto studio, karena nantinya backgroundnya kan bisa anda edit seperti yang penulis ajarkan di atas.

Anda hanya perlu menyediakan kamera yang mempunyai kualitas jepretan yang cukup baik saja sobat. Kamera hape pun juga bisa kok tenang saja, hape jaman sekarang kan sudah mempunyai detail kamera yang baik. Jadi anda bisa memanfaatkannya tanpa ada biaya sedikitpun yang keluar. Selamat mencoba sendiri di rumah ya sobat!

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya pada pembahasan kali ini sebenarnya masih masuk dalam kategori desain grafis dasar sobat. Jadi sebelum anda memutuskan untuk belajar lebih lanjut tentang dunia desain grafis, dianjurkan untuk menguasai teknik mengganti background foto dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Mungkin itu saja ya sobat sedikit informasi yang bisa penulis berikan kepada anda semua. Semoga sedikit informasi tersebut bisa menjadi bahan referensi tambahan dan membawa banyak manfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan artikel – artikel selanjutnya yang tidak kalah menariknya.

Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada kesempatan lainnya. Mohon maaf jika pengetahuan yang penulis miliki masih terbatas sehingga masih banyak kekurangan dalam penulisan artikel kali ini. Salam hangat dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel