3 Cara Melihat Spek Komputer Untuk Windows 10 yang Lengkap

Infosedia.com - Mau instal aplikasi tapi takut enggak cocok sama spek komputer yang digunakan, lalu gimana cara melihat spek komputer yang kita pakai sehari - hari. Tenang kali ini infosedia mau ngasih tau cara melihat spesifikasi komputer yang kita pakai, mulai dari bantuan aplikasi maupun langsung dari system windows yang kita gunakan. Pentingnya mengetahui spesifikasi komputer yang kita gunakan diantara salah satunya apa bila kita ingin mengupgrade hardware, atau menginstal aplikasi yang mungkin tergolong cukup besar dan berat. Karna tidak semua komputer bisa di instal aplikasi yang berat jika hardware yang kita gunakan tidak mendukung. Maka kita mesti tau spesifikasinya terlebih dahulu. Infosedia memberikan 3 alternatif untuk mengecek spesifikasi komputer atau laptop sobat. Silahkan di simak caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Dxdiag.

Cara yang pertama ini terbilang sangat simpel, karna kita tidak harus menginstal aplikasi pihak ke 3. Cukup dengan menggunakan bantuan yang sudah di sediakan pihak windows kita dapat melihat spesifikasi komputer yang kita pakai.

Ketikkan RUN pada kolom pencarian di pojok kiri bawah, jika windows kalian menggunakan windows 7 mencari RUN biasanya hanya tinggal klik logo Windows.

Selanjutnya jika sudah muncul seperti ini.

Cara Melihat Spek Komputer


Tinggal ketik dxdiag pada kolom RUN, selanjutnya klik ok. Jika muncul peringatan silahkan klik yes, dan akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Melihat Spek Komputer

Nah, disini kita bisa melihat spesifikasi komputer ataupun laptop yang kita gunakan, mulai dari OS yang dipakai, model, versi bios memory dan ada beberapa tab lain seperti display, sound dan input. Tanpa menggunakan aplikasi.

2. Melalui System Information

Cara kedua yang paling gampang melihat spek komputer adalah dengan bantuan System information. Bagaimana cara melihatnya, klik logo windows di pojok kiri bawah, lalu ketik kan System Information. Lalu klik pada icon aplikasi dan akan menampilkan seperti ini.

Cara Melihat Spek Komputer

Dalam system information juga sangat lengkap menampilkan spesifikasi komputer atau laptop yang kita gunakan.

3. Menggunakan Aplikasi Speccy.

Cara melihat spesifikasi komputer yang terakhir yang paling simpel dan gampang adalah dengan menggunakan aplikasi speccy dari produk ccleaner. Bagaimana caranya, cukup instal aplikasi speccy di situs resminya. Setelah di download tinggal di install, maka kurang lebih tampilannya seperti ini.

Cara Melihat Spek Komputer

Oke sobat demikian artikel tentang cara melihat spesifikasi komputer yang, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk sobat infosedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel