Perbedaan Hosting Dan Domain Serta Apa Fungsinya

Hi Sobat info, jika kalian seorang blogger pasti hampir semua pernah dengar ya apa itu domain dan mungkin juga hosting.

Mimin udah yakin pasti kalian udah pada tau perbedaan hosting dan domain serta apa fungsi keduanya. Jika diantara sobat ada yang belum yuk simak penjelasan berikut.



1. Apa itu Domain ?

Domain adalah sebuah tanda pengenal untuk mengidentifikasi jaringan server yang berupa IP atau dengan kata lain domain menjadi pengganti sebuah ip server. 

Biasanya sebuah IP menggunakan angka yang mungkin susah untuk di ingat, namun kini dengan menggunakan domain sebuah IP adress dapat dengan mudah di ingat.

Penjelasan sederhananya Domain itu adalah alamat online suatu situs atau website. 

Mari kita lihat lagi apa saja Domain itu, Domain di bagi menjadi dua SLD (Second Level Domain) atau bisa disebut Domain Tingkat Dua

dan TLD (Top Level Domain) atau biasa disebut Domain Tingkat Atas, mari saya jelaskan satu per satu

  • SLD (Second Level Domain) 
    Domain SLD Merupakan Nama sebuah domain itu sendiri, atau kita menyebutnya sidik jari. Artinya selama orang lain belum menggunakan nama tersebut kamu bisa membuatnya menjadi SLD,

    dikarnakan seperti sidik jadi, Second Level Domain ini tidak ada yang sama. Seperti apa contohnya semisal google, facebook, yahoo.
  • TLD (Top Level Domain)
    Jika SLD adalah nama dari domain itu sendiri atau sidik jari, sedangkan TLD adalah ekstensi dari nama domain tersebut.

    TLD juga di gunakan untuk mengidentifikasi dari mana domain itu berasal dan untuk tujuan apa domain tersebut. berikut ini beberapa jenis Top Level Domain
         
    • .com Domain bersifat komersil atau biasa umum dan paling banyak di gunakan
    • .org Biasanya mengacu pada organisasi 
    • .sch.id Biasanya digunakan untuk domain pendidikan seperi sekolah

      Kamu juga bisa membuat domain sesuai dengan kode negara seperti 
    • .co.uk untuk negara Inggris
    • .th untuk negara Thailand
    • .ca untuk Kanada
    • .au untuk Australia
    • .co.id untuk negara kita Indonesia, kini indonesia memiliki TLD .id (Registri Domain Tingkat Atas Indonesia.

2. Apa Fungsi Domain ? 

Domain sendiri berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat internet, seluruh perangkat internet yang tersambung pada jaringan terakses menggunakan alamat IP. fungsi dari domain disini yaitu menggantikan peran dari alamat IP tersebut.

3. Apa itu Hosting ?

Mudahnya Hosting itu adalah tempat penyimpanan, secara teknis Hosting atau juga bisa di sebut Web Hosting adalah penyedia jasa layanan hosting.

Bisnis ini menyediakan layanan dimana sebuah situs atau website dapat di simpan disana. Situs Situs yang bertebaran di internet itu disimpan dalam web Host perangkat komputer yang biasa kita kenal dengan istilah Server.

4. Bagaimana Sebuah Hosting Bekerja ?

Jika pengguna internet ingin mengakses sebuah situs web, mereka hanya tinggal menggetikan nama domain web tersebut dalam adress bar sebuah browser, dan mereka akan terhubung ke server website tersebut yang kemudian browser akan menampilkannya.

Sebagian besar penyedia hosting akan mengharuskan kamu memiliki sebuah domain jika ingin menggunakan layanan mereka. tapi biasanya layanan hosting juga menawarkan penjualan domain di hosting mereka sendiri.

Jika kalian mempunyai hosting dan domain di tempat yang berbeda tidak akan menjadi masalah. karna kita bisa menghubungkan nya melalui DNS atau Domain Name Server yang akan kita bahas di artikel mendatang. Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat.